Jumat, 29 Maret 2013

Trik Aman Transaksi Online

Sobat, Indonesia sekarang ini pengguna internet terbesar ke tiga di dunia, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mencatat pengguna internet di negeri ini telah mencapai 63 juta orang..wow..itu sama dengan jumlah penduduk di 8 negara lho..., yakni Singapura, Malaysia, Hongkong, Belgia, Brunei Darussalam, Denmark, Thailand, dan Austria digabung menjadi satu.

Tak heran bisnis online tumbuh pesat di negeri ini, tapi berbagai kemudahan dalam berbisnis online banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, banyak cerita dari teman saya yang pernah tertipu oleh orang2 tidak bertanggung jawab, mulai dari transfer uang tapi barang tidak datang2, COD (Cash On Delivery) yang pas ketemu malah di hipnotis dan banyak cerita yang lainnya.

Berikut trik jika anda pembeli agar terhindar penipuan dalam bertransaksi online.

  1. Cek alamat situs, No. Telp/Hp,pin BB, Alamat penjual di google, cukup anda copy paste saja ke google anda akan dapat informasinya, jika banyak keluhan/komplain sebaiknya anda urungkan niat.
  2. Situs penjual bukan gratisan, jika anda bertransaksi dengan kartu kredit atau internet banking pastikan di depan nama situs tersebut "https" karena dijamin keamanannya, dan klo jualannya di forum FJB pastikan sudah terdaftar cukup lama dan sudah mempunyai GRP (Good Reputation Point) atau bahasa kerennya cendol/ijo, liat juga testimoni dari yang lain.
  3. Pastikan Seller tersedia fasilitas Rekber (Rekening Bersama), Rekber adalah jasa pihak ketiga agar pihak seller dan buyer aman, tapi hati2 dengan penipuan, banyak juga yang mengatasnamakan rekber, jelasnya klik : http://www.rekeningbersama.com / www.rekber.com
  4. COD (Cash On Delivery) Sebenernya cara ini yang paling aman, ada barang ada uang, tapi hati-hati, sekarang ini banyak modus penipuan dalam cara ini misalnya ketika ketemu anda dituduh pencuri lah, nabrak lah, ujung-ujungnya anda di peras, lebih parah lagi dengan cara di hipnotis, hal yang perlu anda lakukan adalah bersikaplah waspada dan jangan sendirian ajak lah teman yang lebih tau tentang barang yang akan beli dan ketemu di tempat yang nyaman dan aman.
  5. Jangan tergiur dengan harga murah, jika tidak masuk akal lebih baik jangan, juga anda buat perbandingan harga juga dengan penyedia situs belanja lain.
  6. Pastikan pengiriman menggunakan perusahaan pengiriman terpercara seperti TIKI, JNE, DHL.
  7. Jika trik diatas anda masih ragu, mending belanja di pasar azza. hehehe...
sekian moga bermanfaat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar