Sabtu, 26 Januari 2013

Solusi Jaringan Internet Speedy Yang Sering Drop

 
Sobat, untuk memulai membuka Warnet salah satu yang terpenting adalah tersedianya jaringan internet, jaringan yang familiar adalah Speedy dari telkom, sebenernya banyak penyedia jasa internet atau sering disebut ISP (Internet Service Provider) seperti : CEPAT.NET, BIZ.NET, CBN, FIRSTMEDIA, INDOSATM2 dll. tergantung dilokasi mana sobat tinggal, tersedia atau tidak jaringan tersebut.

Untuk di lokasi saya, jaringan yang cocok ya cuma Speedy ini, karena yang lain masih memerlukan tower untuk dapat mengakses internet, hal ini sulit di daerah saya yang berdekatan dengan bandara. jangankan untuk pasang  wireless internet service provider, terima signal sellular azza susah. hehehe...

Dengan speedy pun bukan berarti lancar2 azza, sering kali jaringan down..wah klo kayak gini bawaannya esmosi mulu, 147 jadi sasarannya. wajarlah soalnya kita pun di komplain oleh client.
Bosan dengan telp. 147 mulu karena selalu jawabannya sama pang ping pang mulu, lalu iseng2 saya tanya mbah google, dan ini hasilnya lumayan...

Untuk masalah gangguan jaringan speedy ada beberapa faktor, jaringan/kabel yang sudah terlalu jauh dari STO, splitter yang sudah tidak layak, fakor cuaca dan lain-lain, untuk jaringan yang sering drop, berikut trik yang saya gunakan.
  1. Download aplikasi LDT dari telkom gratis, LDT adalah aplikasi yang digunakan untuk menganalisis koneksi ke Internet ketika terjadi gangguan. Aplikasi ini secara otomatis akan mendeteksi letak gangguan, serta menampilkan analisis dan rekomendasi cara mengatasinya. LDT telah dilengkapi dengan Auto Setting Modem, Speedtest, Bandwidth Monitor, dan Auto Update.
 untuk download copy link ini : http://landiagnostictool.com/ldt_setup.exe
       setelah LDT terinstal, klik kanan ikon LDT di bawah toolbar lalu klik Bandwidth Monitor

2.    Cari tau IP Speedy anda, caranya coba Speed Test : http://telkomspeedy.com/speedtest, lalu klik
       begin test , kiri bawah ada no. IP anda contohnya : 184.201.115.78.



3.   Lalu ping IP anda, caranya : klik star--> Run --> ketik "cmd"
      setelah masuk ke DOS Prompt, ketik : ping IP anda contoh : ping 184.201.115.78, untuk terus menerus
      ketik : ping 184.201.115.78 -t
      maka akan terlihat di bandwidth monitor yang tidak terputus-putus.

      Cara ini sudah saya praktekan, dan alhamdulillah saya sudah ga sering lagi tlp 147, mungkin operator disana juga lega. hehe...sekian moga bermanfaat.





     





Tidak ada komentar:

Posting Komentar