Sabtu, 26 Januari 2013


Sony DCR-SD1000: Camcorder Profesional yang Terjangkau Untuk Filmmaker Pemula  

Sobat, jika anda punya keinginan membuat usaha video shooting, baik untuk acara pernikahan maupun pembuatan video clip atau film, saya memberi gambaran tentang alat video camcorder yang digunakan.
Sebelum tahun 2012, saya panatik dengan kamera bahu Panasonic terutama MD 9000/MD 10000, karena sebagai kamera sejuta umat untuk kalangan video shooting pernikahan seperti saya memberikan harga yang paling kompetitif sehingga untuk entry level ini Panasonic tidak ada saingan.

Seiring perkembangan, karena jadwal yang padat dan dibutuhkan kecepatan dalam editing video, saya mulai tertarik dengan kamera video semi pro yang menggunakan memori, incaran saya pertama Panasonic HDC MDH1, yang secara body hampir sama dengan MD 10000, beberapa kali saya transfer data saya kesulitan dalam hal format videonya sehingga sering terjadi keterlambatan karena saya harus otak atik dahulu format video melalui converter, lalu kolega saya merekomendasikan Sony DCR SD1000, tidak bermaksud promosi Sony ya..hehe..format dari memory sony mudah dibaca oleh program editing saya, maka setelah itu saya beralih ke camcorder sony ini sebab dari harga pun hanya beda tipis dengan Panasonic HDC MDH1, mahalan Sony dan saat ini saya mengoperasikan dua unit camcorder Sony tersebut disamping kamera Panasonic terdahulu.

Berikut keuntungan Camcorder Sony berbasic media penyimpanan memory card.
  1. Lebih efisien, tidak perlu beli kaset..jadi bisa menekan biaya produksi
  2. Lebih besar media penyimpanannya, klo kaset pake LP maksimal 90 menit.
  3. Memory internal besar 32 GB, jadi ga pake memory eksternalpun aman karena dengan kialitas HQ bisa menyimpan sampai 8 jam.
  4. Transfer video ke PC mudah, tinggal copy paste
  5. Tampilan body lebih garang dibandingkan produk sejenis 

Berikut Review dari blog lain

Makin maraknya dunia perfilman di Indonesia di Indonesia telah menarik Sony untuk menyediakan sebuah camcorder profesional dengan harga yang terjangkau agar dapat memenuhi kebutuhan para pembuat film pemula dalam menghasilkan film berkualitas seperti yang dihasilkan sutradara profesional. DCR-SD1000 adalah jawaban Sony untuk kebutuhan itu. DCR-SD1000 adalah sebuah camcorder bahu profesional yang didesain agar mudah digunakan oleh para pemula namun tetap mengakomodir kebutuhan juru kamera profesional. Tipe ini juga memiliki fitur yang telah digunakan oleh jajaran produk camcorder Sony lainnya, yakni teknologi yang membawa Sony menjadi perusahaan terkemuka dalam bidang digital imaging.
Di antara teknologi tersebut adalah sensor beriluminasi terbalik “Exmor R” CMOS untuk mendukung pengambilan gambar yang optimal dengan cahaya minim, Optical SteadyShot dengan fungsi aktif yang secara efektif melakukan koreksi ketika kamera bergoyang merekam di tengah perjalanan.
Para pembuat film dan juru kamera pemula akan merasa nyaman saat mengambil gambar karena DCR-SD1000 dilengkapi dengan ring lensa yang cukup besar dengan dudukan bahu yang ergonomis. Kontrol manual untuk memperoleh fokus, iris, exposure, shutter speed, perubahan AE dan penggantian WB dapat dijangkau pada ring lensa melalui pilihan menu. Pengguna dapat menentukan parameter kontrol manual yang diinginkan pada ringl lensa ini, sesuai dengan kondisi rekaman gambar dan gaya rekaman yang diinginkan.
Beberapa fitur DCR-SD1000 lain yang mendukung kenyamanan pembuat film dan juru kamera, baik pemula maupun profesional, adalah:
  • Memori internal 32GB untuk merekam hingga 8 jam dalam mode HQ
  • Lensa G dari Sony berkualitas tinggi dengan pembesaran optical 12x
  • Tersedia mikrofon stereo untuk merekam suara stereo yang jernih
  • Fungsi Intelligent Auto mengoptimalkan rekaman hingga 90 scene berbeda
  • Face Detection dengan Face Touch untuk optimalisasi fokus, eksposur, dan warna secara otomatis
  • Pemutar EVF beresolusi tinggi dan layar sentuh LCD ClearPhoto WIDE 230k berukuran 2,7 inci
  • Smooth Slow Rec untuk video gerakan lambat pada 200 fps
  • Merekam gambar tidak bergerak dalam kartu memori tambahan (pilihan) untuk instant sharing
  • Beragam pilihan terminal untuk kompatibilitas produksi yang maksimal
  • Distribusi dan backup yang mudah dengan DVDirect Express dan Direct Copy
  • PMB untuk manajemen data dan Vegas Movie Sudio HD Platinum 10 untuk proses editing yang mudah
  • Slot kartu memori yang sesuai untuk dua tipe kartu memori

sumber : klik disini

4 komentar:

  1. waduh jadi mikir mikir.. pengen beli kamera tersebut.. kayanya lebih banyak untungnya ya sob.. ngumpulin duit dulu ah... mudah mudahan tahun depan bisa kebeli kamera trsebut dn kelengkapanya+ kendaraan angkutnya..

    BalasHapus
  2. No tlpnya brp mas?mau tanya2 boleh?

    BalasHapus
  3. Barapa kisaran harga bekasnya?? Dan apa bisa dibuka layanan sevis kamera?

    BalasHapus