Sabtu, 26 Januari 2013

Cara Sederhana Bagi Bandwidth untuk Warnet






Sebagai pengelola warnet, kadang saya dipusingkan oleh complain client terutama para gamer akibat jaringan yang lelet (ngelag), usut punya usut ternyata ada beberapa client yang membuka video seperti youtube atau download program dan musik yang menyedot bandwidth komputer lain.
 
Sebenar nya, ada beberapa software juga yang dapat kita gunakan untuk membatasi pemakaian bandwidth pada tiap komputer client, tapi cara ini belum dapat menjamin 100% bandwidth komputer client di warnet terbagi secara adil, dan ada juga yang menggunakan mikrotik.

Nah, cara yang akan saya gunakan adalah dengan cara mensetting % penggunaan bandwidth client yang di setting melalui windows itu sendiri.
Cara nya adalah sebagai berikut:
1. Klik start ==> run
2. Lalu ketik gpedit.msc, Kemudian setelah itu keluar kotak “Group Policy”
3. Di “ Computer Configuration “, Pilih “Administrative Templates“
4. Lalu pilih “ Network “
5. Klik pada “QoS Packet Scheduler “
6. Setelah itu Pilih Pada “ Limit reservable Bandwidth “
7. Pilih dari “ Not Configured “ menjadi “ Enable “
8. Setelah itu Pada tabel bawah pada tulisan “ Bandwidth Limit % “ Ubah Dari “20” Menjadi “80 atau 20”, Lalu “Apply” , “ OK “. setting ini tergantung dari jumlah komputer, jika kita mau setting setiap komputer dapet bandwith 10% maka kita tinggal masukan angka 90%, bila setiap komputer ingin kita set dapat 20% maka tinggal kita masukan angka 80%. cara ini tidak 100% dapat berbagi dengan adil paling tidak dapat membatasi sedikit dalam pemakaian bandwidth
semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar